recent posts

banner image

Materi Perkuliahan 12: Halalan Thayyiban


Assalamualaikum wr wb


Halal berasal dari bahasa Arab yaitu halla yang berarti lepas atau tidak terikat. Dalam kamus fiqih, kata halal dipahami sebagai segala sesuatu yang boleh dikerjakan atau dimakan. Istilah ini, umumnya berhubungan dengan masalah makanan dan minuman.
Lawan dari kata halal adalah haram. Haram berasal dari bahasa Arab yang bermakna, suatu perkara yang dilarang oleh syara (agama). Mengerjakan perbuatan yang haram berarti berdosa dan mendapat pahala bila ditinggalkan. Misalnya, memakan bangkai binatang, darah, minum khamr, memakan barang yang bukan miliknya atau hasil mencuri.
Sementara menurut Dr. Yusuf Qardhawi. Halal adalah sesuatu yang dengannya terurailah buhul yang membahayakan, dan Allah memperbolehkan untuk dikerjakan. (Qardhawi 2003, 31)
Dari segi bahasa, pengertian halal ialah perkara atau perbuatan yang dibolehkan, diharuskan, diizinkan atau dibenarkan syari’at Islam. Sedangkan haram ialah perkara atau perbuatan yang diharuskan atau tidak diperbolehkan oleh syari’at Islam.
Dalam Islam, istilah halal biasa digunakan terhadap sesuatu tindakan, percakapan, perbuatan, dan tingkah laku yang boleh dilakukan oleh Islam tanpa dikenakan dosa. Adapun haram adalah suatu perkara atau perbuatan yang telah ditetapkan oleh syari’at Islam agar tidak dilakukan oleh orang-orang Islam yang mukallaf, dan pelanggaran terhadap perkara tersebut adalah dikenakan dosa.
Dalam aspek makanan, minuman, obat, kosmetika, dan barang gunaan halal ialah makanan atau barang gunaan yang harus atau tidak dilarang untuk dimakan atau digunakan oleh orang-orang Islam. Sedangkan yang haram ialah makanan atau barang yang tidak diharuskan atau diizinkan untuk dimakan atau digunakan oleh orang-orang Islam (Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji 2004, 22)
Halal adalah sesuatu yang dibolehkan menurut ajaran Islam dan haram adalah sesuatu yang dilarang menurut Islam. (Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji

1.   Makanan Yang Dihalalkan Allah SWT
Segala jenis makanan apa saja yang ada di dunia halal untuk dimakan kecuali ada  larangan  dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW untuk dimakan. Agama Islam  menganjurkan kepada pemeluknya untuk memakan makanan yang halal dan baik.  Makanan “halal” maksudnya makanan yang diperoleh dari usaha yang diridhai Allah.  Sedangkan makanan yang baik adalah yang bermanfaat bagi tubuh, atau makanan bergizi.
Makanan yang enak dan lezat belum tentu baik untuk tubuh, dan boleh jadi makanan  tersebut berbahaya bagi kesehatan. Selanjutnya makanan yang tidak halal bisa mengganggu  kesehatan rohani. Daging yang tumbuh dari makanan haram, akan dibakar di hari kiamat  dengan api neraka.
a.       Makanan halal dari segi jenis ada tiga :
1.               Berupa hewan yang ada di darat maupun  di laut, seperti kelinci, ayam, kambing, sapi, burung, ikan.
2.               Berupa nabati (tumbuhan)  seperti padi, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain.
3.               Berupa hasil bumi yang lain  seperti garam semua.
b.      Makanan yang halal dari usaha yang diperolehnya, yaitu :
1.               Halal makanan dari hasil bekerja yang diperoleh dari usaha yang lain seperti bekerja sebagai buruh, petani, pegawai, tukang, sopir, dll.
2.               Halal makanan dari mengemis yang diberikan secara ikhlas, namun pekerjaan itu halal , tetapi dibenci Allah seperti pengamen.
3.               Halal makanan dari hasil sedekah, zakat, infak, hadiah, tasyakuran, walimah, warisan, wasiat, dll.
4.               Halal makanan dari rampasan perang yaitu makanan yang didapat dalam peperangan (ghoniyah).
2.    Minuman Yang Dihalalkan
Segala jenis minuman apa saja yang ada di dunia ini halal untuk diminum kecuali ada  larangan yang mengharamkan dari Allah dan Nabi Muhammad SAW.
a.       Minuman halal menurut jenisnya ada tiga, yaitu  
1.               Halal minuman yang dihasilkan oleh hewani seperti susu sapi, madu, minyak sawit, dll.
2.               Halal minuman yang dihasilkan oleh tumbuhan seperti juice wortel, juice jeruk, juice anggur, juice tomat, juice avokad, dll.

Wassalamualaikum wr wb


Materi Perkuliahan 12: Halalan Thayyiban Materi Perkuliahan 12: Halalan Thayyiban Reviewed by Unknown on June 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.