recent posts

banner image

Materi Perkuliahan 1: Kebenaran Mutlak dan Kebenaran Sementara

Image result for truth







Assalamualaikum wr wb

Pada artikel ini saya akan membahas tetang materi perkuliahan pertama yang bertemakan Kebenaran Mutlak dan Kebenaran Sementara. Kebenaran ada yang bersifat mutlak dan ada juga yang bersifat sementara. Kebenaran mutlak yaitu kebenaran diyakini dan tidak dapat diubah-ubah kebenaran yang hakiki dan sejati. Dengan kata lain kebenaran mutlak adalah kebenaran yang sudah fakta dan tidak dapat diragukan lagi. Kebenaran mutlak bisa berasal dari sesuatu yang kita yakini seperti dari Al-Quran, contohnya yaitu:
"Hai manusia, sesungguhnya teIah datang kepadamu kebenaran (Al Quran) dari Tuhanmu, sebab itu barangsiapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya (petunjuk itu) untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang sesat, maka sesungguhnya kesesatannya itu mencelakakan dirinya sendiri. Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap dirimu". (QS. Yunus [10]:108)
            Lalu ada juga kebenaran sementara, yaitu kebenaran yang hanya bertahan beberapa lama dan akan tergantikan oleh kebenaran lainnya dimasa yang akan datang. Contoh dari kebenaran sementara ialah pada kasus kantor pos. Pada zamannya memang benar kantor pos merupakan jasa pengirim barang yang paling banyak diminati oleh masyakarat Indonesia, tetapi setelah berkembangnya zaman kebenaran tersebut mulai luntur karena masyarakat lebih memilih jasa lain ketimbang kantor pos.
            Intinya adalah kebenaran mutlak adalah kebenaran yang akan selalu benar sampai akhir, sedangkan kebenaran sementara adalah kebenaran yang hanya bertahan beberapa saat dan akan tergantikan oleh kebenaran lainnya.

Wassalamualaikum wr wb
  
Materi Perkuliahan 1: Kebenaran Mutlak dan Kebenaran Sementara Materi Perkuliahan 1: Kebenaran Mutlak dan Kebenaran Sementara Reviewed by Unknown on February 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.