recent posts

banner image

Materi Perkuliahan 4: Manusia dan Tujuan Hidupnya


Image result for tujuan hidup manusia illustration



Assalamualaikum wr wb
Bagi umat Islam, tujuan hidup manusia telah ditentukan dalam Al Qur’an. Dari ketiga makna hidup diatas, bisa disimpulkan bahwa semuanya mengarah kepada tujuan kita diciptakan oleh Allah, yaitu pada intinya untuk beribadah dan menjalani ibadah tersebut dengan baik. Sebagaimana telah disebutkan dalam Al Qur’an surat Adz-Dzariyaat ayat 56 yang berbunyi: ” Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. ”
Tujuan hidup kita sudah diterangkan dengan jelas melalui surat Adz-Dzariyat tersebut. Yaitu sebagai manusia ciptaan Allah, kita harus mendasarkan hidup kita kepada niatan untuk beribadah kepadaNya. Apa yang harus kita lakukan dengan tujuan hidup tersebut? Bila tujuan hidup dan keberadaan kita adalah untuk beribadah kepada pencipta kita, maka sebagai umatNya kita harus melakukan beberapa hal berikut sebagai tujuan hidup menurut islam :
1. Ibadah Wajib
Senantiasa ingat kepada Allah dengan beribadah wajib yaitu shalat lima waktu dan ibadah – ibadah lainnya, misalnya naik haji bagi yang mampu, menjauhi larangan agama, berpuasa, berzakat, sedekah, berdzikir, membaca Al Qur’an, melakukan kebaikan kepada sesama.
2. Mendalami Agama
Tidak hanya melaksanakan kewajiban dalam agama Islam, tetapi kita juga harus berusaha mempelajari semua hal tentang agama Islam secara menyeluruh, tidak hanya di permukaan saja. Pengetahuan yang hanya di permukaan tidak akan menghasilkan masyarakat beragama yang solid, melainkan akan mudah dimasuki oleh pengaruh buruk dan mempercayai paham yang salah, yang membuat kerukunan sesama umat akan tercerai berai. Cara menjadi orang tua yang baik dan cara mendidik anak nakal yang paling baik adalah dengan pendalaman agama yang dapat menjadi benteng dari hal – hal yang buruk.
3. Hidup Sesuai Aturan Agama
Dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah, maka kita dapat mendasarkan hidup kita kepada pedoman agama. Misalnya cara membahagiakan orang tuacara mengabdi kepada suami yang berdasarkan ajaran agama Islam dan juga mengenai hubungan antar lelaki dan wanita yaitu masalah pacaran menurut islam, dan menikah tanpa pacaran yang sesuai syariat Islam. Juga mendasarkan cara memilih pendamping hidup pada ajaran Islam.
Ketiga hal diatas ini adalah hal – hal yang bisa kita lakukan dan amalkan dalam hidup sehari – hari. Kita butuh untuk beribadah kepada Allah sebagai balasan atas penciptaan kita di dunia ini. Sebagai rasa syukur kita karena telah diberi kesempatan untuk menjalani kehidupan, sebaiknya kita benar – benar menunjukkannya dengan mendasarkan kehidupan kita sebagai niat untuk beribadah kepada Allah, agar kelak kehidupan kita di akhirat pun lebih baik dari kehidupan kita di dunia.
Wassalamualaikum wr wb
Materi Perkuliahan 4: Manusia dan Tujuan Hidupnya Materi Perkuliahan 4: Manusia dan Tujuan Hidupnya Reviewed by Unknown on March 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.