recent posts

banner image

Materi Perkuliahan 5: Ibadah Mahdhah


Assalamualaikum wr wb
Pengertian Ibadah diambil dari kata 'abada, ya'budu, 'abdan, fahuwa 'aabidun, 'abid, berarti hamba atau budak, yankni seseorang yang tidak memiliki apa-apa, dirinya sendiri saja milik tuannya, sehingga karenanya seluruh aktifitas hidup hamba hanya untuk memperoleh keridhaan tuannya dan menghindarkan murkanya. Manusia adalah hamba Allah "Ibaadullah" jiwa raga hanya milik Allah, hidup matinya di tangan Allah, rizki, miskin kayanya ketentuan Allah, dan diciptakan hanya untuk beribadah atau menghamba kepada-Nya.  Sesuai firman Allah dalam al-Qur'an sebagai berikut :


A. Ibadah (Mahdhoh) ditujukan untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan Allah, agar kita memiliki keimanan yang benar, lurus dan kuat, jauh dari syirik, khurafat, tahayul dan perdukunan serta agar kehidupan kita terjaga dari berbagai hal yang merusak, menyesatkan mencelakakan, dan mendapatkan ketenangan batin.
Contoh Ibadah Mahdhah.  :
1. Berwudhu
2. Tayamum
3 Mandi Hadats
4 Adzan
5. Iqamat
6. Shalat
7. Membaca Qur'an
8. I'tikaf
9 Shiyam (pasa)
10. Haji
11. Umrah
12. Tajhiziyah al-Janazah

Wassalamualaikum wr wb


Materi Perkuliahan 5: Ibadah Mahdhah   Materi Perkuliahan 5: Ibadah Mahdhah Reviewed by Unknown on June 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.